Category Archives: Cerita Ringan

Catatan Di akhir tahun 2014.

Catatan tahun di akhir 2014.

 

Timbel dan perilaku manusia

Libur panjang kemarin bisa jadi menjadi berkah karena saya punya waktu me time dan punya peluang istrirahat yg lumayan banyak.  Pada kesempatan itu saya suka menonton channel dari national geografoc atau discovery channel yg saya temukan banyak yg menarik.

Satu contoh cerita dr acara itu adalah bagaimana timbel yang biasa dicampur dalam bahan bakar kendaraan bermotor ternyata bisa berpengaruh pada perilaku manusia. Hal ini ditemukan oleh seorang ilmuwan amerika yang awalnya ditugaskan untuk mencari umur bumi sebenarnya.   Hasil akhir stabil unsur dibumi adalah timbel, dan ini pada waktu itu sangat banyak tercampur dalam bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor.

Ilmuwan ini menyelidiki ternyata, pabrik pengolahan bahan bakar di masa itu, banyak yang mengalami gangguan jiwa, bahkan cenderung untuk bunuh diri.

Dijelaskan bahwa, timbel rupanya menghalangi proses sinyal dr otak ke tubuh manusia.  Dia menjadi blokade, sehingga tubuh mengalami kerusakan kerusakan pada syaraf motoriknya, sehingga menimbulkan penyakit kejiwaan, menarik bukan?

Menariknya adalah, saya langsung berpikir.. apakah di negara berkembang pada umumnya dan indonesia pada khususnya, dimana para pengendara motor / supir bus dll yang setiap hari terpapar debu dan asap kendaraan bermotor, terganggu jiwanya?

Hmmm…. coba kalo kita lihat bagaimana perilaku pengendara motor di jakarta? Bagaimana mereka juga bersikap dan berlaku kasar di jalan raya?  Apakah ini bisa dikaitkan dengan timbel yang mereka hirup bertahun tahun dijalan raya? Menarik bila ada penelitian mengenai hal ini, walaupun timbel dalam kandungan bahan bakar pd masa sekarang tidak sebanyak waktu itu tp tentunya kan sedikit banyak ada pengaruhnya pd perilaku mereka? Hanya hipotesa saya saja sih..

Duka Air Asia mentup akhir tahun 2014

Berikutnya menutup tahun ini kita dikejutkan dengan hilangnya kontak pesawat air asia ketika menuju singapura, sangat besar kemungkinan nya adalah bad weather atau cuaca jelek.   Ini menarik karena kita kemarin bahas di wa tentang hal ini,

Adik saya luki, cerita tentang seseorang yang memaki pramugara lion air yang ditumpanginya kena delay ketika berencana menuju manado.

“Goblok sekali pesawat delay alasannya cuaca jelek” lapor luki yang dibelakang bapak itu….

Mungkin kalo orang2  yang mengerti dunia penerbangan bisa bilang, bapak ini kali yang goblok yak heheh…

“stupid” kata luki di WA nya

“Sabarsabar kita tidak perlu ikut marah… yang perlu kita lakukan adalah memberikan sekitar kita education” sambung ka novi.

 

Well…   Pertanyaan nya, seberapa takut kah seorang pilot akan awan ini?  Seberapa ganas awan ini, sehingga saya bisa bilang ini awan pembunuh.

Awan pembunuh???  Beberapa catatan menyebutkan bahwa pesawat airfrance juga jatuh karena ini.

Seberapa kejam memang awan ini….??

Contoh awan cumolonimbus

Contoh awan cumolonimbus

Menurut K’novi awan ini berisi petir, angin es bercampur menjadi satu.    Yang bisa membuat struktur pesawat patah kaya lidi kena lindes ban becak.  Semudah itu…  hehe

terbentuknya awan ini bisa dilihat digambar dibawah ini:

terbentuknya awan cummulusnimbus

Radar pesawat melihat awan tesebut:

Radar mendeteksi awan

Airborne weather radar:

 

Airborne weather radar

Airborne weather radar

Ilustrasi pesawat didepan awan

Pesawat dan awan

Pesawat dan awan

 

Limitasi pesawat transport menuruk k’novi adalah +2.5 dan -1 g, jadi di luar itu pesawat akan patah diudara, hal yang sama yang terjadi pada pesawat adam air di majene tahun sebelumnya, patah di udara.

 

Pesawat pada umumnya memang di lengkapi anti petir, static discharge namanya yg ada di ujung wing, juga dia punya alat deteksi cuaca yang bisa melihat cuaca didepan pesawat.

Terus musti ngapain dong pilotnya kalo cuaca jelek begini?

Cikar kiri, adios….  kabuuuurr booossss….. wkwkw…  situ jgn main main sama Tuhan punya cuaca.

Jadi pilot biasanya, menghindari, ato yang paling apes adalah putar balik kembali ke bandara dengan resiko di maki maki penumpang.  Hmmm… masih lebih untung daripada pulang di dalam kantung jenazah SAR bukan?

Soooooooooooo…..  situ mau bilang goblok lagi kalo ada penerbangan delay karena bad weather bos???

Kemarin itu semua mendadak menjadi peneliti dan menganalisa apa yang sebenarnya terjadi di hari itu, jangan jangan pesawat sempat ditching (mendarat darurat di air).

Oke, kita lanjut sama prosedur ditching ya… masih menurut pak kapten pilot nih.

  1. Pesawat akan turun dan mengikuti arus ombak, bukan melawan ombak
  2. Terbang dengan minimum speed konfigurasi landing gear up flap down (artinya ban pesawat masuk), flap ke bawah.
  3. Pramugari kasih instruksi ke seluruh penumpang memakai life vest
  4. Before impact pilot akan annouce ke cabin dan penumpang “ditching….ditching…ditching”
  5. Dijamin semua semua sudah berdoa dan yg tidak percaya tuhan saatnya untuk berubah pikiran 😀

 

Pesawat sendiri pada umumnya didesain untuk bisa mengapung di air, maksimum 10 menit (regulasinya).

Cuman musti diingat bahwa, cuaca dan air bisa sangat dingin, silahkan baca tentang pesawat united airways yang mendarat di sungai tenerife, yg mendarat darurat di sungai,  mendaratnya mulus, kebanyakan penumpangnya tewas krn airnya ber es dan salju, sehingga meninggal krn hiportemia.

 

Hmmm… jadi kesimpulan dari crita diatas, adalah ada baiknya kita justru bersyukur kalo memang delay krn bad weather, lupakan saja janji meeting dan ketemu denga pejabat manapun atau acara penting lainnya, karena ini urusannya adalah Allah maha kuasa yg punya mau lewat alam dan cuaca.

Yeaaa…. terima kasih kak novi,…. cerita ini kita buat untuk pengetahuan kita semua, semoga bermanfaat dan bisa belajar dari sini.

Menutup blog di tanggal 31/12/14 ini…  kita merenung kembali arti sabar dan bersyukur,  pertama bahwa kita hidup di jaman sekarang yang teknologi nya sudah sedemikian maju, sehingga unsur timbel dalam campuran bahan bakar sekarang ini sudah sedikit, walopun tidak menghilangkan sama sekali.

Sabar ketika kita menemui kemacetan di lalu lintas, sabar ketika menunggu pesawat delay dibandara, yang bukan karena masalah teknis.

 

Mari kita sambut 2015 dengan harapan baru, bekerja lebih baik dan lebih bersemangat, semoga kejadian buruk di tahun 2014 tidak terjadi lagi di tahun depan.  HAPPY NEW YEAR 2015!!!!!…..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements